Lesson Study merupakan salah suatu wahana
peningkatan kualitas pembelajaran yang berasal dari negeri sakura, Jepang.
Lesson Study berkembang di Jepang sejak awal tahun 1990-an. Melalui kegiatan
tersebut guru-guru di Jepang mengkaji pembelajaran melalui perencanaan dan observasi
bersama yang bertujuan untuk memotivasi siswa untuk aktif belajar mandiri.
Lesson Study merupakan terjemahan langsung dari bahasa Jepang “jugyokenkyu”,
yang merupakan gabungan dari dua kata yaitu jugyo
yang berarti lesson atau pembelajaran, dan kenkyu
yang berarti study atau research atau pengkajian.
Penyebaran Lesson Study di dunia berawal pada tahun
1995 yang dilatar belakangi oleh The Third International Mathematics and
Science Study (TIMSS) yang diikuti oleh empat puluh satu Negara dan dua puluh
satu diantaranya memperoleh skor rata-rata matematika yang signifikan lebih
tinggi dari Amerika Serikat. Posisi tersebut membuat Amerika Serikat melakukan
studi banding pembelajaran matematika di Jepang dan Jerman. Dari studi banding
tersebut Tim Amerika Serikat menyadari bahwa Amerika Serikat tidak memiliki
sistem untuk melakukan peningkatan mutu pembelajaran, sedangkan Jepang dan
Jerman melakukan peningkatan mutu secara berkelanjutan. Selanjutnya ahli-ahli
pendidikan Amerika Serikat belajar dari Jepang tentang Lesson Study dan
kemudian mengembangkannya pada beberapa negara lain.
Di Indonesia Lesson Study berkembang melalui
Indonesia Mathematics and Science Teacher Education Project (IMSTEP) yang
diimplementasikan sejak sejak Oktober tahun 1998 di tiga IKIP yaitu IKIP
Bandung (sekarang bernama Universitas Pendidikan Indonesia, UPI), IKIP
Yogyakarta (sekarang bernama Universitas Negeri Yogyakarta, UNY) dan IKIP
Malang (sekarang menjadi Universitas Negeri Malang) bekerja sama dengan JICA
(Japan International Cooperation Agency). Tujuan umum dari IMSTEP adalah untuk
meningkatkan mutu pendidikan Matematika dan IPA di Indonesia. Namun, pada
perkembangannya kegiatan Lesson Study ini dapat diadaptasi untuk disiplin
keilmuan apa pun baik MIPA maupun non-MIPA.
Pelaksanaan
kegiatan Lesson Study memusat pada aktivitas guru secara collaborative dengan
sesama guru dalam mempersiapkan rancangan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran, dan evaluasi atas pembelajaran yang telah berlangsung. Tiga
aktivitas tersebut dalam Lesson Study dikenal dengan tahap Plan (merencanakan),
tahap Do (melaksanakan), dan tahap See (merefleksi) yang dilakukan secara
berkelanjutan. Dengan kata lain Lesson Study merupakan suatu cara peningkatan
pendidikan yang tak pernah berakhir (continous improvement). Dalam hal ini guru
yang mempraktekkan Lesson Study, bekerja sama dengan sesama guru dalam
menetapkan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan berdasarkan tuntutan
kurikulum.
tic tac toe, titanium piercing jewelry - Tioga Sports
BalasHapusTitanium Piercing jewelry at nano titanium by babyliss pro Tioga Sports, titanium earrings hoops Inc. The price of titanium tic tac toe titanium body armor is the original "Taco" in Canada, in fact, the titanium sia “Taco" and is “